Mengenai Saya

Foto saya
Hidup adalah untuk berkarya. Memotivasi diri sendiri dan orang lain. Menjadi inspirasi bagi orang lain. Menjadikan oranglain jadi inspirasi.

Senin, 26 Juli 2021

KONSISTEN & KOMITMEN



Pengertian

Konsisten menurut KBBI adalah tetap (tidak berubah-ubah), taat asas, selaras/ sesuai tindakan dengan perbuatan. 

Komitmen menurut KBBI adalah perjanjian atau keterikatan untuk melakukan sesuatu; kontrak.

Mengapa kedua kata ini muncul dalam benak saya dan menjadi bahasan saya saat ini?

Pemahaman saya dengan konsisten adalah menyesuaikan perkataan dengan perbuatan, ada keselarasan antara apa yang diucapkan oleh seseorang dengan apa yang dilakukannya. Misalnya saja sebagai contoh sederhana. Dalam sebuah grup WA diinfokan bahwa ada salah seorang anggota sedang sakit dan memohon dukungan doa dari anggota lainnya. Beberapa orang memberikan balasan misalnya 'baik, semoga cepat sembuh yah'. Seorang pribadi yang konsisten betul-betul akan berdoa memohon kepada TuhanNya untuk memberikan kesembuhan kepada anggota grup yang sakit tadi. Jadi tidak hanya sekedar memberikan balasan di grup WA. Hal ini menunjukkan adanya kesesuaian perkataan dengan tindakan.  

Konsisten juga memiliki arti melakukan sesuatu hal sesuai aturan atau ketetapan yang berlaku umum. Seseorang yang konsisten melakukan suatu tindakan sesuai dengan peraturan yang berlaku pada diri sendiri maupun secara umum. Ada asas yang mengatur. Misalnya, mengapa hal itu dilakukan, apa alasannya, bagaimana melakukannya, siapa yang terlibat, untuk apa dilakukan, dll. Satu tindakan konsisten dapat berlaku pada satu masa, sepanjang seseorang itu mau bertindak dengan sebuah ketaatan dan tidak berubah-ubah. Misalnya seseorang yang sedang melakukan program menurunkan berat badan. Hari ini dia mengatakan mulai hari ini saya diet makanan dan rajin olahraga. Dalam dua tiga hari ia konsisten melakukan itu, tetapi hari ke empat dan seterusnya ia tidak lagi konsisten, karena banyak hal yang mempengaruhi. 😁😂😃 

Inkonsisten inilah yang sedang terjadi dalam diri saya saat ini. Di awal saya menulis blog ini, saya konsisten selama tiga hari berturut-turut untuk menulis. Begitu semangatnya saya memulai menulis di blog karena saya mau memotivasi diri sendiri untuk menulis. Dalam hati saya ada target yang harus saya lakukan, harus menulis di blog setiap hari tentang apa saja yang terlintas di dalam otak, menulis ini dapat dilakukan selama 30 menit hingga satu jam. Ajakan untuk menulis blog ini juga saya sampaikan kepada mahasiswa. Ternyata beberapa hari kemudian dan hingga saat ini, saya mengevaluasi diri sendiri bahwa saya memang tidak konsisten setiap hari dalam menulis blog ini. Mengapa? Banyak faktor yang menyebabkan. Beberapa hal yang menyebabkan sehingga saya tidak konsisten adalah kesibukan mengurus rumah tangga, kesibukan bekerja, susah berkonsentrasi, terkadang ada gangguan pada mata ketika berhadapan dengan laptop, termasuk juga terlalu asyik bermain dengan anak-anak. Melihat kondisi saya yang tidak konsisten, saya coba mengevaluasi diri. Akhirnya saya menurunkan target untuk menulis di blog dalam seminggu minimal harus ada tiga tulisan. 



Komitmen melibatkan dua buah pihak apakah dengan diri sendiri maupun orang lain. Komitmen dengan diri sendiri adalah membuat perjanjian atau kontrak dengan diri sendiri untuk melakukan sesuatu. Dalam hal ini, pada awal bulan Juli saya membuat perjanjian dengan diri saya sendiri untuk menulis di blog. Saya bersepakat dengan diri sendiri akan berusaha menulis setiap hari di blog. Hal ini dilakukan untuk memotivasi saya mulai menulis kembali karena otak saya sudah lama "berkarat" maka perlu di asah kembali. 

Berdasarkan hasil evaluasi saya, bahwa diri saya ternyata tidak konsisten menulis di blog. Inkonsisten ini tentu diakibatkan oleh saya yang tidak komitmen.. 😂😂. Memang banyak hal yang mempengaruhi mengapa tidak konsisten. Komitmen yang kuat akan menyebabkan seseorang menjadi konsisten. Kendala-kendala apapun yang menghalangi seseorang untuk konsisten bertindak dapat diatasi jika ada komitmen yang kuat, kecuali kendalanya adalah sesuatu yang mustahil untuk diatasi. Melihat hasil evaluasi terhadap diri sendiri, maka saya berkomitmen untuk menulis sesuatu di blog minimal tiga tulisan dalam seminggu. Hari ini saya menetapkan, mengikat satu perjanjian dengan diri sendiri. Semoga saya konsisten dan berkomitmen.

Konsisten dan komitmen akan membentuk seorang pribadi yang disiplin. Orang bijak mengatakan bahwa disiplin adalah kunci kesuksesan. Disiplin membutuhkan ketekunan. Ketekunan tentu harus didukung oleh komitmen dan melahirkan pribadi yang konsisten. 

Mari belajar menjadi seorang pribadi yang konsisten dan berkomitmen. Jika kita membiasakan diri konsisten dalam hal-hal kecil, lama kelamaan sifat konsisten akan mendarah daging, sehingga diwaktu mendatang kita tidak akan sulit lagi untuk tetap konsisten dalam bertindak. Disadari atau tidak disadari, sifat konsisten ini dapat menular kepada orang lain. Wahh..keren.

Jangan berharap orang lain akan memotivasi diri kita, tetapi diri sendirilah yang memotivasi diri sendiri (prinsip pembelajaran andragogi).

Waktu terus berjalan...

Para pembaca yang budiman, mari terus berkarya dan bermanfaat untuk orang lain, 

Hidup ini singkat dan ada masanya,

Tetapi karya akan selalu dikenang,

Stop dan berhenti melakukan hal-hal yang tidak bermanfaat.

Tetapkan tujuan, dan fokus pada tujuan yang bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain.

Konsisten, Komitmen...melakukan hal-hal yang baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengapa ku mencintaimu? (part-9)

  Senang, bahagia, sedih, lelah, lega semua rasa bercampur. Senang dan sangat bahagia yang kurasakan bisa berjumpa denganmu. Seseorang yang ...